PERTANIAN MODERN

Info Dunia Pertanian Terkini
Teknologi pertanian, agrobis, agro, agriculture, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, greenhouse, hidroponik, aquaponik, tanaman organik, budidaya tanaman, budidaya ternak, budidaya ikan, manfaat tanaman, obat herbal, dll.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.
Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)

Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik

Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik - Hallo sahabat Pertanian Modern, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hidroponik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik
link : Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik

Baca juga


Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik





Rockwool merupakan salah satu media tanam yang banyak digunakan oleh para petani hidroponik. Media tanam ini mempunyai kelebihan dibandingkan dengan media lainnya terutama dalam hal perbandingan komposisi air dan udara yang dapat disimpan oleh media tanam ini. 


Rockwool ada berbagai jenis dan merk, Cultilene Optimaxx merupakan rockwool import yang dibuat dengan spesifikasi khusus untuk tanaman hidroponik. Dengan densitas 45 kg/m3 dan volume pori 98% membuat rockwool ini sangat cocok untuk media tanam. 

Rockwool terbuat dari bebatuan, umumnya kombinasi dari batuan basalt, batu kapur, dan batu bara, yang dipanaskan mencapai suhu 1.600 - 2.000 derajat Celcius sehingga meleleh menjadi seperti lava, dalam keadaan mencair ini, batuan tersebut disentrifugal membentuk serat-serat. Setelah dingin, kumpulan serat ini dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Basalt



Batu Bara

Batu Kapur


Pada pertanian, rockwool dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari tahap persemaian sampai pada fase produksi. Keungulan pemanfaatan rockwool sebagai media tanam yaitu:



1. Ramah lingkungan


2. Tidak mengandung patogen penyebab penyakit

3. Mampu menampung air hingga 14 kali kapasitas tampung tanah

4. Dapat meminimalkan penggunaan disinfektan

5. Dapat mengoptimalkan peran pupuk.



Rockwool biasa disebut dengan satuan slab. Ukuran 1 slab rockwool culitilene yaitu 100 x 15 x 7,5 cm dan jika dijadikan media pembibitan dipotong ukuran 2,5 x 2,5 x 2,5 cm akan menjadi 720 potong pembibitan. 16 slab biasa disebut 1 bal.



FAQ Rockwool

- Rockwool dibuat dari apa? Batu yang dilebur

- Rockwool sama dengan glasswool? Berbeda, bedan densitasnya, rockwool dirancang khusus untuk tanaman

- Bisa diganti busa? Bisa tapi lebih baik rockwool

- Kenapa? Karena daya serap dan daya simpan air rockwool jauh lebih banyak dibanding busa, rockwool juga lebih mudah hancur sehingga mudah ditembus untuk pertumbuhan akar, bayangkan busa / spons kita taris saja tidak sobek apalagi oleh akar.

- Rockwool bisa dipakai lagi? Tidak, karena akan hancur seiring pertumbuhan akar

- Mahal dong? Tidak. 1 slab harga Rp 65.000 menjadi 720 bibit berarti 1 Rp 90 ( harga di pasaran)

- Rockwool terasa gatal? Pada beberapa kulit sensitif iya. Gunakan sarung tangan.


Glasswool




Demikianlah Artikel Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik

Sekianlah artikel Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik dengan alamat link https://pertanianmodern99.blogspot.com/2016/10/rockwool-media-tanam.html

0 Response to "Rockwool Media Tanam Untuk Hidroponik"

Posting Komentar