PERTANIAN MODERN

Info Dunia Pertanian Terkini
Teknologi pertanian, agrobis, agro, agriculture, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, greenhouse, hidroponik, aquaponik, tanaman organik, budidaya tanaman, budidaya ternak, budidaya ikan, manfaat tanaman, obat herbal, dll.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.
Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)

Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi

Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi - Hallo sahabat Pertanian Modern, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Green House, Artikel Hidroponik, Artikel Plastik UV Greenhouse, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi
link : Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi

Baca juga


Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi

Salah satu sistem hidroponik yang paling sederhana dan cocok diaplikasikan untuk hobbies / home adalah sistem non sirkulasi seperti sistem Wick atau sistem "guyurphonic".

Sawi Samhong Jade di pot panjang


Konsep nya sangat sederhana, Anda hanya membutuhkan clay pebble, nutrisi daun, pot / wadah dan pelindung panas jaring paranet hitam 50%.
Wadah pot harus diisi penuh dengan clay pebble, semakin banyak clay semakin baik karena batu clay membantu menurunkan suhu air disaat cuaca panas terik, jika clay sedikit pertumbuhan sayur kurang optimal.

Pemasangan jaring paranet hitam sangat penting disaat cuaca panas terik, karena ini adalah sistem non sirkulasi (air tidak bergerak), peningkatan suhu air (panas) akan menyebabkan pH cepat naik dan air menjadi jenuh, daun tanaman akan cepat menguning, seperti yang saya ulas sebelumnya volume clay pebble semakin banyak semakin baik buat akar tanaman selain menurunkan suhu air.

Lakukan pengecekan ppm dan pH dan volume air nutrisi setiap hari, biasanya hari pertama pemberian nutrisi, hari kedua dan ketiga cukup dengan air putih plus penurun pH (HNO2 atau H2SO4), selanjutnya penambahan ppm nutrisi jika diperlukan, selang 3 atau 4 hari kemudian cukup dengan air putih plus penurun pH, dan seterusnya.

Modifikasi wadah dengan penambahan Seal karet dan pipa bening untuk melihat ketinggian air nutrisi



Plus - Minus Sayuran hidroponik dengan Sistem non sirkulasi :

Minus : 

1. Delay panen - selisih bisa 1 minggu dengan sistem sirkulasi.

2. Ukuran / size tidak sama - bentuk tanaman tidak terlalu "cantik" karena jarak tanam berhimpitan. 

3. Tidak kuat terhadap panas (sinar matahari berlebih), lebih cocok diaplikasikan di daerah sejuk, daerah panas mesti memasang paranet hitam.

Plus : 

1. Maintenance lebih simpel, pasca panen tidak perlu repot sikat lumut ( i hate sikat lumut..he..he..khusus nya pemakai talang atau gully).

2. Tidak membutuhkan listrik / pompa, Aerator, murah meriah

3. Proses persemaian lebih cepat dan nggak ribet, bisa langsung tabur seperti bayam, kangkung, untuk keluarga sawi atau lettuce perlu disemai di rockwool.

4. Media tanam ( clay pebble ) bisa dipakai berulang ulang - unlimited.

5. Kualitas rasa / taste sayur sama dengan sayur sistem sirkulasi tergantung settingan ppm / ec dan pH.

6. Cocok untuk hobbies / home, yang penting bisa konsumsi sayuran rutin dan nggak repot, proses nanam kalo terlalu ribet lebih baik beli aja di supermarket, sekarang sayuran hidroponik tersedia lengkap, harga murah.

Pakchoy di pot panjang


Sawi Bunga di wadah baskom


Tatsoi Fugui di wadah baskom


 Kangkung di wadah baskom



Bayam dengan media Perlite


Media tanam yang biasa kami pakai adalah Clay Pebble merek Hydro dan Perlite, media ini sangat steril dan bisa dipakai berulang ulang khusus nya clay pebble Hydro, setelah panen cukup dibilas dengan air bersih saja.

Clay Pebble merek Hydro, made in EC ( European community)




Demikianlah Artikel Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi

Sekianlah artikel Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi dengan alamat link http://pertanianmodern99.blogspot.com/2017/07/sistem-hidroponik-non-sirkulasi.html

0 Response to "Ini Dia Sistem Hidroponik Non Sirkulasi"

Posting Komentar