PERTANIAN MODERN

Info Dunia Pertanian Terkini
Teknologi pertanian, agrobis, agro, agriculture, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, greenhouse, hidroponik, aquaponik, tanaman organik, budidaya tanaman, budidaya ternak, budidaya ikan, manfaat tanaman, obat herbal, dll.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.
Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)

Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik

Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik - Hallo sahabat Pertanian Modern, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aquaponik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik
link : Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik

Baca juga


Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik

SISTEM PASANG SURUT
PADA AQUAPONIK

        Sistem pasang surut merupakan unsur vital dalam sistem aquaponik karena perannya sebagai penyirkulasi larutan dan penyedia oksigen terlarut dalam larutan sehingga kehidupan ikan, tanaman, dan mikroba perombak ammonia terjaga kesehatannya.


Di bawah ini adalah gambaran mengenai hubungan antara ikan, tanaman, dan mikroba yang saling menguntungkan.




Ada 3 macam sistem pasang surut pada aquaponik yaitu :

1.    Sistem loop .

Sistem ini menggunakan selang  yang dibuat membentuk lengkungan sehingga air yang melaluinya dapat tersedot sampai habis, untuk kemudian terisi lagi.

Untuk lebih rinci anda dapat mengakses link di bawah ini :



2. Sistem U terbalik :

Sistem ini sebenarnya mirip dengan sistem loop  hanya saja karena menggunakan pipa paralon yang tidak fleksibel seperti selang maka bentuknya dibuat seperti U terbalik.

Untuk lebih rinci anda dapat mengakses link di bawah ini :






3. Sistem Afnan’s Siphon.

Sistem ini menggunakan kombinasi paralon besar yang di dalamnya dimasukkan paralon yang lebih kecil sebagai penguras air.  Gambar di bawah ini akan lebih memperjelas :






Untuk lebih rinci anda dapat mengakses link dibawah ini :




Dari pengalaman saya yang paling bagus adalah sistem Afnan’s Siphon yang ditemukan Afnan (penggiat aquaponik di  Malaysia).
Saya telah mencoba system  U siphon tetapi lama kelamaan siphon ini akan terganggu kerjanya karena terbentuk lapisan biofilm yang berupa lendir yang menempel pada dinding saluran siphon yang berakibat pada tersendatnya jalan air. Kalau hal ini terjadi akan sukar membersihkannya . Selain itu  system U terbalik ini dari pengalaman saya sudah terjadi ketersendataan setelah 2 bulan, sedangkan system Afnan Siphon sampai saat ini belum pernah tersendat.








Demikianlah penjelasan mengenai system pasang surut, semoga dapat membantu anda yang akan memulai perakitan system aquaponik.

|Selamat ber- Aquaponik-ria.











































Demikianlah Artikel Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik

Sekianlah artikel Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik dengan alamat link http://pertanianmodern99.blogspot.com/2014/05/mengenal-sistem-pasang-surut-pada.html

0 Response to "Mengenal Sistem Pasang Surut Pada Aquaponik"

Posting Komentar